Macam-Macam PSAK Beserta Pengertiannya

image

Pernyataam Standar akuntansi keuangan (PSAK) di Indonesia ada 4 macam atau lebih dikenal dengan 4 pilar standar akuntansi keuangan.

1. PSAK-IFRS

PSAK-IFRS adalah jenis standar akuntansi yang diterapkan untuk badan dengan akuntabilitas publik atau umum seperti bank, public company, asuransi, BUMN, dan emiten. PSAK yang berbasis IFRS memberikan kemudahan dalam pemberian laporan keuangan dan memberi informasi yang relevan bagi para pengguna laporan keuangan seperti investor.

2. SAK-ETAP

Pada dasarnya, SAK-ETAP adalah bentuk yang lebih sederhana dari PSAK-IFRS. SAK-ETAP digunakan untuk badan atau lembaga yang akuntabilitas publiknya tidak terlalu signifikan atau bahkan tidak memiliki akuntabilitas publik yang penyusunan laporan keuangannya bertujuan untuk umum bagi para pengguna eksternal.

Baca Juga: Apa Itu PSAK?

3. PSAK Syariah

PSAK Syariah biasanya digunakan untuk badan usaha yang bertransaksi berbasis/secara syariah baik itu dilakukan oleh lembaga syariah maupun non syariah. PSAK Syariah juga dapat diterapkan dengan PSAK umum secara bersamaan.

4. SAP

Penggunaan PSAK berbasis SAP diterapkan untuk pemerintah dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Pusat ataupun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Tue, 12 May 2020 @11:38

Copyright © 2020 KJA Ashadi dan Rekan · All Rights Reserved
powered by sitekno