Mengenal Software ERP System

image

Mengenal Software ERP System


ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang berarti sebuah sistem terpadu yang mengelola seluruh sumber daya perusahaan skala besar. ERP meliputi semua aspek dari proses bisnis yang ada di perusahaan seperti : marketing, manajemen prospek, manajemen pelanggan, penjualan, pembelian, stok barang, manajemen gudang, akuntansi, lowongan pekerjaan, sumber daya manusia, penggajian, manajemen proyek dan masih banyak lagi.

ERP adalah sistem yang terintegrasi dan terkait secara solid antara semua bagian dalam proses bisnis tersebut. Sistem ERP bisa berupa kumpulan software yang terpisah-pisah ataupun berupa satu sistem yang utuh yang menangani seluruh proses dari setiap bagian bisnis maupun individu dalam bisnis tersebut.

Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung oleh seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software maupun hardware sehingga pengolahan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.

Kata kunci utama pada ERP, yaitu adanya aspek perencanaan yang terintegrasi di suatu organisasi atau perusahaan dengan tujuan agar dapat merencanakan dan mengelola sumber daya organisasi dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan baik.

Karakteristik ERP System

Sistem ERP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  • Merupakan paket software yang didesain pada lingkungan client-server baik tradisional (berbasis desktop) maupun berbasis web.
  • Mengintegrasikan mayoritas proses bisnis yang ada.
  • Memproses seluruh transaksi perusahaan.
  • Menggunakan database skala enterprise untuk penyimpanan data.
  • Mengijinkan pengguna mengakses data secara real time.

Kelebihan Sistem dan Konsep ERP dalam Bisnis

Penerapan sistem ERP dan konsep ERP pada suatu bisnis pada dasarnya akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Jika biasanya perusahaan akan menggunakan sistem database secara terpisah, maka dengan adanya ERP data-data yang ada di setiap bagian akan terintegrasi dalam satu wadah sehingga semua pihak dapat mengakses dengan mudah dan lengkap. Secara tidak langsung, pengelolaan perusahaan akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan jika menggunakan ERP:

  • Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Keberadaan sistem ERP juga bisa membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam perusahaan. Aktivitas-aktivitas rutin harian perusahaan seperti order, pengiriman barang, profil pemasok, manajemen kas (manajemen keuangan), manajemen gudang, realisasi penjualan hingga akuntansi bisa berjalan lebih baik dan cepat. Tidak hanya itu, siklus waktu penjualan ke kas dan pembayaran supplier pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

  • Perencanaan dan Manajemen Sistem Informasi

Jika Anda belum tahu, sistem ERP sendiri memiliki berbagai alat pendukung untuk mengambil keputusan seperti alat perencanaan dan alat simulasi. Alat-alat pendukung ini secara tidak langsung bisa membantu perusahaan untuk memanfaatkan sumber dayanya secara lebih efektif dan efisien. Selain itu penyajian laporan dalam sistem ERP juga lebih mudah, cepat dan dapat diakses oleh pihak-pihak terkait kapan pun dibutuhkan.

  • Integrasi Bisnis dan Akurasi Data yang Lebih Baik

Jika sebuah perusahaan menggunakan ERP, maka saat ada perubahan yang terjadi di setiap modul atau sub-modul, pihak-pihak yang berkaitan bisa melihatnya secara langsung. Hal ini bisa terjadi karena pembaharuan yang terjadi bersifat real-time. Tidak hanya itu, penggunaan ERP juga bisa meminimalisir terjadinya duplikat data atau kehilangan data yang seringkali disebabkan oleh faktor human error. Dengan begini maka integrasi bisnis berjalan dengan lebih baik. dan akurasi data yang ada dalam perusahaan juga bisa lebih dipertanggungjawabkan.

  • Pembentukan Standarisasi Prosedur

Dengan menerapkan sistem ERP dalam perusahaan maka pekerjaan-pekerjaan dalam perusahaan bisa lebih terstruktur dan tidak bergantung dengan individu tertentu.

  • Infrastruktur yang Konsisten

Dengan menggunakan ERP software maka perusahaan akan berjalan lebih seragam. Hal ini karena semua pihak mulai dari back office hingga front office memiliki tampilan yang sama dalam menjalankan aktivitas bisnis dalam sistem.

  • Memangkas Biaya Manajemen dan Operasional

Biaya operasional dan manajemen menjadi dua hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah perusahaan. Apapun strategi yang dijalankan, biaya manajemen dan operasional akan tetap ada dan berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Cara terbaik untuk berteman dengan biaya manajemen dan operasional agar tidak terlalu membebani perusahaan adalah dengan memangkas atau meminimalisirnya. Dengan software ERP maka berbagai proses bisnis yang ada dalam perusahaan bisa dirampingkan melalui sistem yang seragam dan terintegrasi.

  • Menyempurnakan Kolaborasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa argumen di kantor khususnya dari bagian satu dengan bagian lain menjadi hal yang lumrah. Tapi hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja karena bisa mempengaruhi kondisi atau lingkungan kerja di kantor. Dengan menggunakan software ERP setidaknya perselisihan yang terjadi antar bagian atau department yang biasa terjadi bisa diminimalisir.

Kesalahan input data atau kesalahan-kesalahan lain yang biasanya bisa ditutupi atau diingkari oleh rekan kerja atau departmen lain akan terpampang nyata di hadapan semua pihak yang bersangkutan. Dengan begini penyelesaian masalah atau pencarian solusi bisa dilakukan dengan lebih baik dan cepat.

Sistem ERP sendiri menunjang sistem multi uang dan bahasa dalam perusahaan sehingga keberadaan ERP sangat penting untuk perusahaan multinasional. Tidak hanya itu, sistem ERP juga memungkinkan penyesuaian untuk kebutuhan khusus setiap perusahaan tanpa harus dilakukan pemograman kembali.

Keuntungan Menerapkan ERP System

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapatkan suatu organisasi dengan menerapkan ERP System:

1. Integrasi Bisnis & Akurasi Data

ERP memiliki sistem yang terdiri dari beberapa modul dan sub modul yang bisa mewakili suatu komponen bisnis. Ketika suatu data dimasukkan ke dalam suatu modul (misalnya data penerimaan material) maka modul-modul yang lain seperti “pembayaran dan “persediaan” akan diperbaharui secara otomatis dan real-time.

Input data tersebut hanya perlu dilakukan sekali, yaitu pada saat transaksi berlangsung. Dengan begitu, proses kerja dapat lebih cepat dan mengurangi kemungkinan kesalahan input data.

2. Perencanaan & Manajemen Sistem Informasi

Dalam sistem ERP terdapat alat-alat pendukung untuk mengambil keputusan terbaik, misalnya alat simulasi dan perencanaan. Dengan alat-alat tersebut maka pihak manajemen dapat memanfaatkan setiap sumber daya dengan lebih tepat.

Sistem ERP juga dapat membantu membuat dan menyajikan laporan standar yang dibutuhkan oleh manajemen, serta dapat diakses kapan saja ketika dibutuhkan.

3. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP juga bisa membuat proses aktivitas rutin menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya proses pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, manajemen kas, dan realisasi penjualan. Semua proses tersebut dapat berjalan lebih cepat dan sederhana.

4. Pembentukan Standarisasi Prosedur

Sistem ERP dibuat dengan standar Internasional yang kemudian diadopsi oleh perusahaan yang menerapkannya. Dengan sistem ERP, maka proses kerja menjadi lebih terstruktur dan tidak tergantung pada pekerja tertentu saja.

Kami KJA Ashadi dan Rekan menyediakan jasa untuk pembuatan Sistem ERP untuk Perusahaan Anda,. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kontak kami di bawah ini.


HUBUNGI KAMI :

Hotline : (021) 22085079

Call/WA : 0818 0808 0605 (Ikhwan)

CAll/SMS : 0812 1009 8812/ 0812 1009 8813

Email:  kjaashadi@gmail.com; info@kjaashadi.com





Mon, 20 May 2019 @12:37


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2019 KJA ASHADI DAN REKAN · All Rights Reserved
powered by sitekno